ARTICLE
Bagaimana Cara Memilih Jurusan yang Tepat Buat Lo yang Ingin Masa Depan Cerah

Sob, perkara memilih jurusan kuliah sering kali bikin lo bingung. Apalagi kalau lo masih belum punya ketertarikan khusus pada salah satu bidang profesi. Sebelum memutuskan menempuh jurusan kuliah tertentu, ada baiknya kalau lo mempertimbangan segala sesuatunya dengan baik. Biaya kuliah nggak murah, jangan sampai berujung penyesalan karena sudah salah memilih jurusan di masa mendatang. Jadi, gimana cara memilih jurusan kuliah yang tepat buat lo?

Memahami Passion Diri Sendiri

Selama duduk di bangku SMA, lo pasti punya beberapa mata pelajaran favorit. Tentu saja, di bidang itulah lo bakal menemukan passion atau ketertarikan. Dengan memahami passion yang ada pada diri sendiri, lo bakal punya modal awal yang kuat saat memilih jurusan kuliah. Hal ini bakal berpengaruh pada prestasi belajar serta berbagai pencapaian lainnya yang bakal lo dapatkan di jenjang perguruan tinggi.

Jangan Ikut-ikutan Teman!

Hal ini menjadi alasan paling mainstream yang biasanya disebutkan mahasiswa baru saat memasuki dunia perkuliahan. Padahal, kalau lo kuliah hanya bermodal ikut-ikutan teman hasilnya pasti nggak bakal bisa maksimal. Apalagi kalau jurusan itu jauh dari ketertarikan, salah-salah lo justru mundur di tengah jalan. Kan sayang sob biaya yang sudah dikeluarkan untuk pendaftaran kuliah itu nggak sedikit.

Konsultasi dengan Orang Tua

Meskipun sepenuhnya pilihan jurusan kuliah ada di tangan lo, bukan berarti bisa diputuskan seenaknya sendiri. Dalam beberapa kasus, lo perlu berkonsultasi dengan orang tua yang lebih berpengalaman. Siapa tahu, setelah mendapatkan arahan dari orang tua, lo jadi semakin mantap menentukan pilihan. Kalau masukan dari orang tua belum menggerakkan hati, coba berkonsultansi dengan kakak kelas atau orang yang lo anggap sukses.

Perhatikan Prospek Pekerjaan

Tujuan kuliah memang untuk menambah ilmu, tapi semua pelajaran yang lo dapatkan disana bakal menjadi modal besar dalam memperoleh pekerjaan nantinya. Untuk itu, pastikan apakah jurusan yang lo tuju bakal memberikan peluang magang dan memberikan pengalaman yang baik di dunia kerja. Sebaiknya, pilih jurusan yang sudah terakreditasi oleh Dikti sehingga saat bersaing menemukan pekerjaan lo nggak kesulitan bersaing dengan pelamar lainnya.

Pilih Jurusan Sesuai Cita-cita

Selama ini mungkin saja lo sudah punya cita-cita terpendam, menjadi arsitek atau desainer interior misalnya. Hal ini akan membantu lo untuk bisa menemukan jurusan yang tepat, sehingga dapat mempelajari segala sesuatu dengan baik dan lulus dengan nilai memuaskan. Motivasi untuk meraih cita-cita pastinya bakal bikin lo selalu rajin belajar selama masa kuliah nanti.

Pertimbangkan Biaya yang Dibutuhkan

Biaya kuliah memang nggak murah, apalagi kalau lo mengincar jurusan-jurusan top seperti kedokteran, informatika, atau bahkan teknik sipil. Belum lagi kalau kampus yang dituju berada di luar kota, sehingga untuk berkuliah di sana lo membutuhkan biaya hidup di samping biaya kuliah tadi. Kalau lo cuma punya dana pas-pasan, kuliah sambil bekerja sampingan bisa dijadikan pilihan mencari tambahan uang saku.

Terakhir, saat memilih jurusan kuliah jangan hanya berpatokan pada satu pilihan saja. Lo harus punya beberapa pilihan alternatif, yang masih berada di jalur peminatan yang sama. Jadi, kalau pilihan pertama gagal, lo nggak bakal kebingungan memilih jurusan lainnya, karena sudah mempersiapkan jurusan kuliah pilihan alternatif lainnya.

Jadi, jurusan apa yang paling tepat buat lo?

Photo Credit: Pxhere