ARTICLE
6 Tempat Menarik yang Musti Lo Kunjungi Saat Traveling di Tahun 2017

Tahun 2017 sudah memasuki semester kedua, berarti tinggal tersisa empat bulan sebelum sampai di penghujung tahun. Sayang banget nih kalau cuma lo habiskan di belakang meja kantor atau menjalani rutinitas biasanya. Yuk. segera tentukan hari kosong untuk berlibur, pesan tiket perjalanan, dan berangkatamenuju enam tempat menarik ini!

Mazaltan, Mexico

Nggak usah melulu ke Eropa atau Amerika Serikat untuk menikmati serunya bertualang di luar negeri, sesekali pergilah ke Mazaltan, sebuah kota di bagian barat Mexico. Mazaltan penuh dengan restoran-restoran yang mengagumkan serta hidangan segar dan menarik. Hotel-hotel di sana juga termasuk yang cukup terjangkau. Salah satunya adalah El Cid Marina, salah satu hotel di Mazaltan yang memiliki kolam besar mengagumkan untuk seluruh keluarga. Belum lagi rasa makanan yang lezat dan kamar yang luas.

Tiger National Parks, India

Pernah nonton Jungle Book? Film ini menceritakan tentang seorang anak hutan bernama Mowgli yang dibesarkan oleh sekelompok hewan di hutan. Untuk menemukan jati dirinya, Mowgli terpaksa harus keluar dari zona nyamannya. Cerita dimulai ketika ia dihadapkan dengan seekor harimau yang ingin menyerang dan membunuh Mowgli.

Yang menarik, lo bisa merasakan pengalaman seperti cerita hidup Mowgli di Tiger National Parks, India. Hampir dua per tiga populasi harimau liar dunia berada di India, jumlahnya sekitar 3890 ekor pada tahun 2015. Jadi, kalau lo mengaku tipe petualang yang menggemari alam liar, datang ke tempat ini akan memberi sensasi yang lebih menyenangkan ketimbang menonton pertarungan antar superhero di layar IMAX. Berkat prakarsa pelestarian satwa dan habitat, Taman Nasional Madhya Pradesh di India Tengah adalah salah satu tempat hunian liar terbaik yang pernah ada.

Ulaan Baatar, Mongolia

Memiliki luas tiga kali lipat lebih besar dari Prancis dan menjadi salah satu dari empat negara yang paling jarang dihuni manusia, Mongolia adalah satu negara yang wajib lo kunjungi. Lo akan menemukan rolling stepa yang luas, danau-danau dataran tinggi yang bercahaya, hutan pinus hijau yang asri, dan bukit-bukit Gobi yang menawarkan sensai berpetualang. Jangan lupakan juga bahwa Mongolia adalah tanah air seorang pengembara dan legenda panglima perang, Genghis Khan.

Desa Wae Rebo, Nusa Tenggara Timur

Kalimat M.A.W. Brouwer yang mengatakan bahwa “Bumi Pasundan lahir ketika Tuhan sedang tersenyum” memang melegenda. Kalimatnya bahkan dipajang oleh Ridwan Kamil di sebuah terowongan pusat Kota Bandung, dekat alun-alun. Bumi Pasundan memang indah, tetapi Desa Wae Rebo juga tidak kalah membuat orang-orang yang mendatanginya tersenyum. Menjadi salah satu desa tertinggi di Indonesia, Desa Wae Rebo hanya diisi oleh tujuh rumah adat dan dikelilingi oleh hutan belantara yang asri. Sudah, datang sendiri saja kesana untuk melihat keindahannya.

Banda Aceh, Aceh

Bencana tsunami lebih dari sepuluh tahun lalu memang sempat memporak-porandakan Aceh, tetapi tidak dengan keindahannya. Dengan berkunjung ke sana, lo bisa melihat Masjid Baiturrahman, masjid yang menjadi saksi bisu kemarahan alam sekaligus menjadi tempat berlindung warga saat bencana. Lo juga bisa berkunjung ke Museum Tsunami, PLTD Apung, makam Sultan Iskandar Muda, atau bermain air di pantai-pantai cantiknya.

Nias, Sumatera Utara

Kalau lo lahir di era 1990-an, lo pasti ingat dengan uang Rp 1000,- lama keluaran tahun 1992. Selain menampilkan Danau Toba, uang Rp 1000,- itu juga menampilkan seorang pelombat batu, sebuah kesenian tradisional asal Nias. Pulau yang terletak di sebelah barat pulau Sumatera ini memiliki paket wisata lengkap, mulai dari alam, sejarah, hingga budaya. Tinggal sesuaikan dengan kegemaran dan kesukaan lo, lalu berangkat!

Sudah, tidak usah terlalu berpikir macam-macam jika ingin liburan. Terkadang lo juga perlu re-charge energi lo ke tempat-tempat yang belum pernah lo kunjungi, kan?

 

Featured image credit: maxpixel.freegreatpicture.com