ARTICLE
5 Gunung "Pendek" yang Cocok untuk Pendaki Pemula

Baru mau mencoba medaki? Lo nggak perlu langsung coba gunung-gunung yang menantang, Sob! Lo bisa pilih salah satu dari lima gunung pendek di bawah ini yang ramah untuk para pendaki pemula seperti lo. Apa aja namanya?

Gunung Pulosari

Gunung dengan tinggi 1.346 mdpl ini terkenal dengan jalur vertikalnya yang cocok banget buat pemula. Gunung yang terletak di Pandeglang, Banten ini merupakan salah satu gunung berapi yang aktif di Indonesia tapi selama ini belum pernah meletus sekalipun. Meski tergolong pendek, namun pemandangan dari puncak gunung pulosari nggak boleh lo lewatkan sebagai calon pendaki profesional, Sob!

Gunung Penanggungan

Dengan tinggi 1.653 mdpl, gunung yang cocok untuk pemula ini terletak di Mojokerto, Jawa Timur. Gunung ini dielu-elukan sebagai versi mini dari gunung Semeru, karena puncaknya mirip dengan gunung yang populer tersebut. Sunrise di gunung ini juga cukup populer dan pemandangan di sekitarnya indah banget! Serunya lagi, trek di sini ada yang memiliki kemiringan hingga 65 derajat dan lo bisa mendaki gunung ini hanya dalam waktu empat jam saja. Latihan yang cocok buat pendaki pemula, kan?

Gunung Andong

Memiliki ketinggian 1.762 mdpl, yang satu ini terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Bisa dikatakan, gunung ini baru populer setelah ada orang yang nyebar foto puncaknya di internet. Memang benar, puncak Andong ini cantik banget karena diapit oleh gunung-gunung keren seperti Merbabu dan Merapi. Lo juga bisa liat Gunung Sumbing, Sindoro, Ungaran, Telomoyo bahkan Gunung Prau kalau berhasil mencapai puncak gunung Andong. Gimana? Tertarik, Sob?

Gunung Batur

Tingginya 1.717 mdpl dan terletak di Bali, jadi lo yang mau sekalian wisata berhari-hari bisa coba untuk mendaki gunung yang satu ini. Nggak cuma orang lokal aja yang datang ke gunung ini, tetapi juga para turis. Jalannya termasuk cukup ramah untuk pendaki pemula, mungkin karena memang gunung ini diprospek untuk para wisatawan. Jadi, cocok banget untuk lo yang belum pernah mendaki gunung sama sekali. Apalagi, pemandangan Bali yang indah dan bisa lo lihat dari puncak Batur. Worth it banget, deh!

Gunung Ungaran

Meski memiliki tinggi di atas 2000 mdpl, namun gunung ini sama seperti Gunung Batur. Jalannya cukup mudah dan nyaman untuk pendaki pemula. Nggak heran kalau banyak orang yang ambil photo-shoot di sini, jadi lo nggak perlu kaget kalau mendadak ketemu orang-orang bawa peralatan wedding ke sini ya, Sob! Trek awalnya bahkan dipenuhi dengan jalur datar dan dikelilingi perkebunan teh. Benar-benar bisa bikin mata segar.

Selain lima gunung ini, masih banyak gunung lainnya yang berada di bawah ketinggian 2000 mdpl yang cocok banget untuk para pemula. Tapi yang pasti sih, selama mendaki pertama kali sebaiknya lo nggak melakukannya sendiri karena kalau terjadi apa-apa nanti nggak ada yang bantu. Apalagi kalau sinyal mendadak hilang. Jadi, pastikan lo selalu mendaki sama orang lain dulu ya, Sob!

Photo credit: Pixabay.com