ARTICLE
5 Destinasi Kota Terbaik di Indonesia untuk Wisata Kuliner

Kekayaan Indonesia memang nggak ada habisnya ya, Sob. Hal ini bukan cuma menyangkut alam dan budaya, tapi juga kuliner. Pada ajang Wonderful Indonesia Culinary and Shopping Festival yang diadakan September 2017 lalu, Arief Yahya selaku Menteri Pariwisata menekankan penetapan lima kota di Indonesia sebagai Destinasi Wisata Kuliner Nasional. Wah, apa kota tempat tinggal lo juga termasuk, Sob?

Bandung

Nggak mengherankan kalau warga Jakarta suka berlibur ke Bandung saat akhir pekan atau hari libur. Selain karena cuaca yang sejuk, Bandung juga menyimpan segudang kuliner khas lezat untuk dicoba, mulai dari seblak hingga mie yamin. Kalau jalan-jalan ke area Lembang atau Dago Atas, lo bahkan bisa menemukan banyak kafe dan tempat makan dengan pemandangan alam menakjubkan. Beberapa di antaranya adalah Kapla Tree Café, La Costilla, dan One Eighty Coffee.

Bali

Pulau Dewata ternyata nggak cuma terkenal akan pantai-pantainya yang indah, tapi juga potensi wisata kulinernya yang melimpah. Beberapa tempat makan legendaris bercita rasa lezat yang bisa lo temukan di Bali adalah Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku, Warung Mini, Bebek Bengil, dan Sup Ikan Mak Beng. Jadi, setelah puas main air di pantai, lo bisa langsung menuju salah satu tempat makan tersebut, Sob.

Yogyakarta

Sudah nggak mengherankan lagi kalau Yogyakarta masuk daftar ini. Di setiap sudut kota, lo bisa dengan mudah menemukan banyak penjual makanan, mulai dari kudapan ringan hingga makanan berat. Apalagi di kawasan Malioboro, banyak banget kuliner khas Yogyakarta yang bisa lo beli, terutama angkringan yang berjejer-jejer di pinggir jalanan. Tapi, selain angkringan, Yogyakarta masih menyuguhkan banyak destinasi wisata kuliner lain seperti Sate Klathak Pak Pong, Gudeg Pawon, dan Gudeg Yu Djum.

Semarang

Selama ini, Semarang dikenal sebagai Kota Lumpia karena memang lumpia di sini terkenal lezat banget. Biasanya, orang-orang membeli lumpia di Semarang sebagai oleh-oleh. Tapi sebenarnya Semarang pun juga punya banyak kuliner lain yang patut lo coba, Sob. Misalnya aja ada Nasi Gandul, Soto Bangkong, Gulai Kambing Bustaman Pak Sabar, dan Babat Gongso Pak Karmin. Kalau lagi nggak pengin makanan berat, lo bisa coba Pisang Plenet Gajah Mada atau Kue Leker Paimo.

Solo

Kalau lagi liburan di Solo, sempatkan diri lo buat berwisata kuliner di Selat Solo Mbak Lies, Timlo Sastro, Tahu Kupat Sholihin, dan Srabi Notosuman. Nggak cuma enak, wisata kuliner di Solo juga terkenal murah sehingga nggak bakal bikin dompet lo jebol. Bahkan ternyata Presiden Jokowi juga punya tempat kuliner favorit di Solo, lho, yaitu Soto Gading yang berada di kawasan Pasar Kliwon.

Baru membayangkannya aja udah bikin tergiur ya, Sob. Daripada cuma membayangkan, langsung aja rencanakan liburan ke kota-kota tersebut dari sekarang. Kira-kira kota mana nih yang bakal lo kunjungi terlebih dulu buat wisata kuliner?

 

Photo Credit: id.wikipedia.or