ARTICLE
4 Olahraga Buat Lo yang Ingin Memperbesar Otot

Photo credit: pexels.com

Memiliki otot besar dan kuat adalah idaman bagi setiap cowok. Ada banyak cara untuk dapat memperbesar otot ini di antaranya dengan menjaga pola makan dan hidup sehat. Namun, yang nggak kalah pentingnya adalah dengan olahraga. Olahraga sederhana yang dilakukan secara rutin juga mampu meningkatkan massa otot. Apa sajakah? Ini dia yang bisa lo coba di rumah.

Lunges

Photo credit: pexels.com

Lunges adalah olahraga yang bisa lo lakukan di rumah dengan mudah. Caranya, posisi badan berdiri tegap dan ambil langkah besar ke depan. Kemudian, tekuklah lutut kaki yang digunakan untuk menopang berat tubuh. Kaki mana yang bakal lo jadikan tumpuan tergantung kekuatan, bisa kaki kanan maupun kaki kiri. Kaki di bagian belakang pun juga ikut ditekuk untuk menjaga keseimbangan.

Tahanlah posisi seperti ini selama beberapa detik. Terutama sebelum kaki depan kembali dalam posisi berdiri. Lakukanlah secara perlahan agar otot tidak keram. Lo bisa melakukan gerakan ini berulang-ulang menggunakan kaki satunya secara bergantian dengan cara yang sama.

Push Up

Photo credit: pixabay.com

Selama ini push up memang dikenal sebagai olahraga yang cepat untuk membentuk massa otot. Manfaat sendiri di antaranya menjaga kekuatan tulang dan mencegah sarcopenia. Sarcopenia merupakan kondisi dimana massa otot lo mengalami penurunan karena penuaan otot dan kurang gerak. Dengan push up inilah masa otot dapat terbentuk kembali.

Cara push up yang benar adalah perhatikan jarak dada dengan lantai ketika posisi turun. Sebisa mungkin jangan sampai dada menyentuh lantai saat melakukan gerakan ini. Tahanlah posisi pada jarak sekitar 5 sentimeter. Saat dalam posisi naik, usahakan agar badan bagian atas atau kepala dan punggung tetap sejajar dengan kaki untuk mendapatkan hasil maksimal.

Pull Up

Sama halnya dengan push up, olahraga ini dapat meningkatkan massa otot lo. Gerakan ini sangat mudah dilakukan namun tidak sembarangan Sob. Karena memang gerakan ini agak sulit dilakukan pada awalnya.

Pertama lo bisa menggantungkan diri pada penahan secara perlahan. Kemudian angkatlah kaki ke depan atau ke belakang dan tidak menyentuh lantai. Tahanlah posisi tersebut secara perlahan. Kalau lo baru pertama kali mencoba, sebaiknya aturlah kekuatan dengan kemampuan diri dan jangan dipaksakan jika merasa tidak mampu. Mulailah dari yang ringan terlebih dulu.

Squat

Photo credit: pixabay.com

Olahraga berikutnya yang bisa lo lakukan adalah squat. Manfaat yang bisa lo dapatkan dari olahraga ini terutama untuk memperbesar otot kaki. Selain itu akan meningkatkan kekuatan tubuh, dan menjaga keseimbangan. Tidak kalah pentingnya lagi, olahraga ini bisa membakar lemak.

Posisi yang benar saat melakukan squat adalah posisi awal tubuh berdiri dan kaki terbuka selebar bahu. Lalu letakkan kedua tangan di belakang kepala. Setelah itu turunkan ke posisi setengah jongkok dan dorong punggung ke arah belakang secara bersamaan. Tahan beberapa saat ke posisi berdiri seperti semula. Lakukanlah gerakan ini secara berulang-ulang.

Nah, itu dia sob beberapa olahraga sederhana yang bisa lo lakukan untuk memperbesar masa otot. Selain hal di atas langkah lain yang bisa lo lakukan adalah dengan crunch. Jadi, olahraga mana dulu nih yang bakalan lo coba?