ARTICLE
4 Alasan Lo Harus Pintar Atur Keuangan Sejak Dini

Bicara soal keuangan memang nggak akan pernah ada habisnya. Setiap hari bahkan setiap saat kita bakalan selalu berurusan dengan uang. Agar makin bijak menggunakan uang, sebaiknya lo harus pintar mengatur pengeluaran keuangan. Terlebih mengatur keuangan sejak dini, karena akan ada banyak manfaat yang bisa lo rasakan di kemudian hari. Seperti yang akan diulas di bawah ini.

 

Belajar Menghemat

Photo credit: pixabay.com

Mengatur keuangan akan membuat lo belajar berhemat. Lo akan tahu mana yang menjadi kebutuhan prioritas dan mana yang bukan. Uang yang keluar benar-benar digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Bukan malah sebaliknya untuk hal-hal yang sebenarnya nggak seberapa lo butuhkan.

Semisalnya saja lo terjebak di antara dua pilihan, bayar cicilan tagihan atau beli gadget baru. Dalam kondisi seperti ini kalau lo bisa mengatur keuangan sebaiknya dahulukan membayar cicilan. Membeli gadget baru bisa dilakukan nanti setelah kebutuhan dan kewajiban terpenuhi. Dengan cara ini lo semakin berhemat dan pengeluaran bisa digunakan untuk keperluan lainnya.

Membantu Lo Keluar dari Krisis

Manfaat lain dari menghemat seperti poin di atas adalah membantu lo keluar dari krisis. Ketika memiliki perencanaan keuangan yang matang sejak dini, lo nggak perlu khawatir karena memiliki cadangan. Karena krisis terkadang bisa terjadi kapan saja, dan ketika terjadi krisis tanpa memiliki keuangan cadangan maka akan kesulitan.

Agar dapat terhindar dari krisis ini lo perlu mengevaluasi pengeluaran yang ada. Selain itu perlu pula untuk mengatasi krisis dengan berkonsultasi kepada ahli keuangan. mintalah pendapat mereka mengenai cara yang seharusnya bisa lo lakukan agar terhindar dari krisis tersebut.

Membuat Lo Makin Mudah Mencapai Tujuan

Photo credit: pxhere.com

Dalam hidup tiap orang pasti memiliki tujuan tertentu. Seperti memiliki sebuah rumah, pendidikan dan tujuan lainnya. Apapun tujuan lo, yang paling penting adalah memiliki kemampuan mengatur keuangan. Tanpa adanya perencanaan keuangan sejak dini, lo bakalan kesulitan untuk mencapai tujuan tersebut.

Dengan memiliki kemampuan tersebut lo bisa memetakan, tujuan mana dulu yang bakalan diraih. Tentu dengan memiliki pos-pos dalam pengeluaran, akan lebih mudah menentukan apa saja yang diperlukan dalam mencapai sebuah tujuan tersebut. Semisalnya untuk tujuan pendidikan, lo perlu mengatur keuangan dengan cermat mempersiapkan segala sesuatunya.

Hidup Nyaman di Masa Tua

Siapa yang nggak ingin hidup nyaman di hari tua. Semua orang pun pasti menginginkannya. Dana pensiun meski bisa diandalkan namun terkadang tidak mencukupi. Karena itu selagi masih muda, sebaiknya lo coba untuk berinvestasi keuangan. Seperti asuransi kesehatan, asuransi jiwa maupun asuransi jaminan hari tua.

Atau lo bisa mengatur keuangan untuk pensiun melalui investasi dengan tingkat risiko rendah. Jika memiliki dana lebih, bisa menginvestasikannya ke dalam aset tertentu. Semisal tanah, properti, atau emas. Karena setiap tahun aset-aset tersebut tidak menurun, bahkan nilai jualnya akan meningkat. Ini bisa lo gunakan sebagai cadangan jika sewaktu-waktu memerlukan biaya lainnya.

Besarkan manfaat perlunya mengatur keuangan sejak dini? Maka dari itu, buat lo yang masih kebingungan mengatur keuangan sudah saatnya berubah untuk lebih baik lagi.

 

Photo credit: pxhere.com