ARTICLE
10 Menit Ini Bakal Pelan-pelan Bikin Otot Lo Semakin Kekar

Otot kekar bisa lo dapetin nggak perlu dengan gym, Sob!  Memang kalau ada waktu dan biaya, gym bisa bantu lo buat lebih sehat tapi kalau nggak, gak perlu maksa. Ikutin aja latihan yang nggak sampai 10 menit ini secara rutin dan benar agar otot lo pelan-pelan makin kekar. Gimana caranya, tuh? Yuk, dilihat di sini.

Uneven Plank

Kalau plank adalah latihan di mana lo harus menyejajarkan seluruh badan lo, uneven plank bekerja dengan cara yang agak berbeda. Gerakan ini mengharuskan salah satu siku tangan menempel di bawah dan satu tangan lainnya menopang badan dengan telapak. Untuk melakukan gerakan ini, pertama lo lakukan push-up lalu berhenti ketika tangan lo menekuk dan letakkan salah satu siku di lantai. Tahan selama 30 hingga 60 detik dan ganti ke sisi berikutnya.

Side Plank With Quad Stretch

Latihan yang satu ini jauh lebih susah dari side plank karena lo harus ngangkat salah satu kaki lo ke belakang dan pegang ujung kaki dengan tangan. Caranya, lakukan side plank seperti biasa kemudian tarik kaki yang ada di atas ke belakang, lalu pegang ujung kaki yang tertarik dengan salah satu tangan yang nggak nahan tubuh lo. Tahan hingga 60 detik lalu ganti ke sisi berikutnya.

Crab Reach

Seuai namanya, lo bakal bergerak layaknya kepiting dengan gerakan ini. Caranya, letakkan kedua telapak tangan dan kaki di lantai, angkat badan lo sedikit hingga pantat nggak berada di lantai. Setelahnya angkat badan lo hingga lutut dan paha membentuk 90 derajat lalu putar badan lo ke samping sedikit dan angkat salah satu tangan ke atas. Lakukan selama 30 hingga 60 detik, tergantung lo kuat seberapa. Nggak usah maksa, Sob. Setelahnya selesai, putar badan ke sisi satunya dan lakukan gerakan yang sama dengan sebelumnya.

Standing Leg Raise

Latihan satu ini kelihatannya aja gampang, tapi bisa bikin lo capek banget, Sob. Caranya, berdiri tegak dan posisikan kedua tangan ke depan (Kayak zombie-zombie ala film Mandarin). Setelahnya, naikkan salah satu kaki lo ke atas hingga lurus. Tahan posisi itu selama 30 hingga 60 detik, pindah ke sisi satunya.

Kalau lo kuat, ulangi semua gerakan di atas hingga tiga kali. Kalau nggak, sekali aja cukup, Sob! Minggu depan baru ditambah dua kali, kemudian minggu depannya lagi tiga kali. Yang penting lakukan semuanya secara rutin dan jaga pola makan. Karena, pola makan yang baik juga bisa jadi kunci penting pertumbuhan otot lo yang cepat. Kalau setelah latihan keras lo malah makan tiga porsi junk food, apa bedanya dong, Sob?

 

Photo credit: Pixabay.com